Pembelajaran Jarak Jauh : Kreatifitas, merupakan kunci sukses saat pandemi

smamuh6yogya.sch.id, Yogyakarta – Semakin merebaknya virus covid-19 di Indonesia membuat pemerintah berfikir keras untuk menekan penyebaran virus ini. Hal ini yang membuat dunia pendidikan berubah 180 derajat, karena walaupun beberapa institusi dan daerah sudah mulai menerapkan kebijakan New Normal. tetapi hal itu belum berlaku untuk dunia pendidikan kita.

seperti di kutip dari laman kemdikbud.go.id pememerintah telah mengeluarkan panduan pembelajaran tahun ajaran baru di masa Covid-19 ini. Menurut data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, saat ini hanya ada 6 persen di wilayah Indonesia yang masuk kategori zona hijau. Itu Artinya 94 persen wilayah lainnya harus tetap belajar dari rumah/pembelajaran daring.

Hal ini seperti memberikan shock therapy bagi guru dan siswa. Banyak guru belum mengenal apa itu pembelajaran daring dan bagaimana melakukannya. Demikian pula dengan pula siswa masih belum familiar dengan pembelajaran daring.

Pembelajaran ini sangat bergantung dengan koneksi jaringan internet yang menghubungkan antar perangkat guru dan para siswa. Pembelajaran daring ini sangat membantu dunia pendidikan kita di saat pandemi ini. Banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran daring seperti Whatsapp Group, Google Classroom, Edmodo, Quizzi, Zoom Cloud, Jitsi, dll.

Walaupun dengan pembelajaan daring akan memberikan kesempatan lebih luas dalam mengeksplorasi materi yang akan diajarkan, namun guru harus mampu memilih dan membatasi sejauh mana cakupan materinya dan aplikasi apa yang cocok pada materi dan metode belajar yang digunakan.

Aplikasi whatsaap cocok digunakan bagi pengajar daring pemula, karena pengoperasiannya sangat simple dan mudah diakses siswa. Sedangkan bagi pengajar online yang mempunyai semangat yang lebih, bisa meningkatkan kemampuannya dengan menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran daring.

Namun sekali lagi, pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa itu sendiri. Tidak semua aplikasi pembelajaran daring bisa dipakai begitu saja, namun harus dipertimbangkan dengan kebutuhan guru dan siswa, kesesuaian terhadap materi, keterbatasan infrastuktur perangkat seperti jaringan.

Kreatifitas merupakan kunci sukses dari seorang guru untuk dapat memotivasi siswanya untuk tetap semangat dalam belajar secara online dan tidak menjadi beban psikis. Yang terpenting dari semua ini, guru harus tetap dan tanpa henti memotivasi siswa dalam pembelajaran.

Berikut ini beberapa link VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN yang dapat dimanfaatkan untuk menghadapi TAHUN AJARAN BARU ditengah Pandemi Covid 19 :

  1. PEMBELAJARAN ONLINE dengan WHATSAPP
  2. CARA MEMBUAT SOAL UJIAN DENGAN WHATSAPP AUTO RESPON
  3. Tutorial GOOGLE FORM/FORMULIR untuk Ujian Online
  4. Tutorial GOOGLE MEET untuk Pembelajaran Online
  5. Tutorial ZOOM MEETING untuk Pembelajaran Online
  6. MENYIMPAN/MENGUBAH File POWER POINT Menjadi VIDEO dalam 1 MENIT tanpa APLIKASI
  7. Tutorial CAMTASIA STUDIO untuk Pembuatan VIDEO PEMBELAJARAN
  8. Tutorial GOOGLE CLASSROOM LENGKAP(Membuat Kelas,Materi,Tugas,Quiz dan Ujian Online,Mendaftarkan Siswa& Guru dan Pengumuman)
  9. Membuat Kelas baru untuk Google Classroom
  10. Mendaftarkan siswa pada Google Classroom
  11. Membuat Materi pada Google Classroom
  12. Membuat soal ujian/quiz pada Google Classroom
  13. Membuat pengumuman kelas pada Google Classroom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *