MANFAAT TOEFL UNTUK MASA DEPAN SISWA SMA

Gimana ya rasanya bisa belajar di negeri empat musim?

Perkembangan dunia dan globalisasi yang semakin cepat harus diimbangi juga dengan perkembangan individunya. Setiap manusia di bumi diwajibkan untuk belajar, sebagaimana tercantum pada Al-Quran, Surat Al Mujadalah : ayat 11

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan

Ayat tersebut tidak secara eksplisit menjelaskan bahwa Allah SWT akan meninggikan derajat seorang berilmu, namun menegaskan bahwa mereka memiliki derajat yang lebih tinggi dari yang sekedar beriman.

Nah, dunia sekarang ini telah memasuki era globalisai 4.0, dimana kehidupan manusia yang terpisahkan jarak dan ruang dapat saling terkoneksi dengan adanya internet. Setiap orang dapat dengan mudah memperoleh informasi di luar batas negaranya.

Faktanya pelajaran bahasa asing masih menjadi momok menakutkan bagi beberapa pelajar Indonesia, apalagi jika bahasa ibu-nya adalah bahasa daerah. Neuron di otak rasanya berhenti bergerak tiap pelajaran bahasa inggris dimulai. Bahasa kan berperan penting dalam komunikasi, apa jadinya jika komunikasi tidak terjalin dengan lancar. Apakah kalian juga pernah mengalaminya ?

Dalam hal ini, sekolah berkolaborasi dengan Jogja English Training Centre (JET) memperkenalkan TOEFL kepada siswa di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. TOEFL merupakan akronim dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL bertujuan untuk menilai kemampuan mendengarkan, menulis dan membaca dalam Bahasa inggris. Secara umum ada 3 bagian tes yaitu listening comprehension, grammer structure and written expression dan reading comprehension.

Untuk menjaga kesehatan siswa sekaligus mencegah penularan virus COVID-19, pelaksanaan tes tidak lagi menggunakan lembaran kertas, namun TOEFL Computer Based Test (CBT). Tes dilaksanakan pada hari 27 Januari 2022 dengan durasi 2 jam tiap sesi. Alhamdulillah siswa SMA Muhammadiyah 6 yogyakarta dapat mengikuti tes dengan baik.

Well, seiring meningkatnya komunikasi dunia, Sertifikat TOEFL menjadi semakin penting. Misalnya siswa Munakota yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri serta siswa yang akan melakukan pertukaran pelajar ke negara lain. Tak hanya itu, semakin mudahnya pemerintah menerima investasi asing (PMA) Beberapa lowongan pekerjaan perusahaan asing juga mensyaratkan TOEFL dengan nilai tertentu sebagai syarat pendaftarnya, kesempatan untuk bekerja di luar negeri-pun terbuka lebar.

Pepatah mengatakan, “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”

Bermimpilah Ananda, bayar mimpimu dengan ikhtiar, ketekunan, kerja keras dan tawakal. Sudah selayaknya pelajar muhammadiyah untuk belajar dibelahan bumi manapun. [Desi]

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Informasi PPDB