Pesantren Ramadhan: Generasi Muda Islam yang berkepribadian, berakhlakul karimah dan bertaqwa

Bulan suci Ramadhan merupakan satu bulan dimana seluruh umat muslim di dunia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Dalam pelaksanaannya, tak hanya ibadah shaum yang wajib untuk dilaksanakan, namun terdapat amalan-amalan lainnya, yang dapat menyempurnakan ibadah pada bulan suci Ramadhan. Segala amal kebaikan yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan dapat berpahala yang berlipat ganda bagi yang melaksanakannya. Di setting sekolah, pelajar juga dapat selalu beribadah dalam rangka meningkatkan keimanan pada Allah SWT.

Untuk menyemarakkan Ramadhan di dalam sekolah, SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta beserta PR IPM SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta melaksanakan Pesantren Ramadhan Munakota dengan tema “Membentuk Generasi Muda Islam yang berkepribadian , berakhlakul karimah dan bertaqwa kepada Allah SWT”. Melalui kegiatan Pesantren Ramadhan Munakota diharapkan seluruh warga SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta dan seluruh masyarakat sekitar mendapatkan pembelajarani keagamaan sekitar ibadah puasa dan amalan lainnya, serta melaksanakan amalan-amalan sunnah yang dapat berpahala dan menyempurnakan ibadah puasanya.

Pada 20-22 April 2022, telah terlaksana pesantren ramadhan 1443 H dan diikuti seluruh siswa secara luring. Kegiatan yang sederhana tetapi berkesan ini ditutup dengan buka bersama yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan serta siswa. Terdapat penghargaan untuk santriwan/santriwati teladan dengan beberapa kategori yaitu keaktifan, keseriusan, ketepatan hadir, sikap dan pemahaman materi. Santriwan teladan ramadhan 1443 H adalah Nurul Amrullah (XII IPS) dan santriwati teladan adalah Afidatul (X IPA). Selain itu juga terdapat kuis terkait materi yang telah dipelajari oleh siswa. Dari kuis tersebut terdapat 2 siswa yang mendapat nilai tertinggi yaitu Nadaa Fauziyya Ibtisamah dan Muhammad Farid Ferdianto. Masing-masing siswa mendapatkan hadiah sponsor dari imanuni craft.

Alhamdulillah acara selesai bersamaan dengan selesainya buka puasa. Semoga acara pesantren ramadhan ini membawa perubahan terhadap siswa dan guru. Aamiin [DIAN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB