Menyusuri Situs Budaya Yogyakarta

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta (MUNAKOTA) merupakan sekolah yang ada di lingkungan Kota Yogyakarta. Letak yang strategis yaitu di Jl. KH Wakhid Hasyim membuat Munakota memiliki letak yang strategis yaitu di sekitar beberapa situs budaya di lingkungan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Dalam rangka penilaian Hizbul Wathan dan pembelajaran di luar kelas, SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta mengadakan jelajah situs budaya. Beberapa situs budaya dijadikan sebagai pos untuk mengerjakan soal-soal ujian Hizbul Wathan, antaranya: Plengkung Gading, Alun-alun Selatan dan lingkungan di dalam benteng Karaton Ngayogyakarta.

Acara jelajah situs budaya diadakan Jumat, 17 Juni 2022 dengan pendampingan seluruh guru dan karyawan Munakota. Jarak yang ditempuh untuk jelajah budaya ini adalah 3 km dari titik start.

Seluruh siswa melaksakan jelajah situs budaya dengan baik. Acara dibuat menyenangkan salah satunya dengan membentuk kelompok yang solid dan memiliki tanggungjawab. Masing-masing siswa dalam kelompok memiliki peran penting, sehingga tanggungjawab muncul di setiap individu.

Dari enam kelompok, guru menilai kekompakan, tanggungjawab, dan inovasi yang diberikan dan diputuskan jika terdapat satu kelompok terkompak dan dua kelompok dengan yel-yel terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB